Waringin Disiplin Bersih

Pada Tahun ajaran 2011 – 2012 ini, Sekolah Katholik SMP Waringin yang berada di Jalan Kebon Jati no 209 Bandung ini mengadakan suatu program demi mewujudkan kebersihan di Lingkungan SMP Waringin. Program itu adalah Waringin Disiplin Bersih. Pada Program ini kita diminta untuk menjaga kebersihan, baik diri sendiri maupun kebersihan sekolah. Maka dari itu kita diminta untuk:

1. Membawa Botol isi Ulang sendiri. (Tidak usah mahal mahal)

2. Buang sampah pada tempatnya dan dipilah sesuai dengan kategorinya. (Basah, Plastik, Dan Kertas).

3. LISA (Lihat Sampah Ambil)

4. Menulis Reflexi setiap hari (pagi pagi).

5. Membawa dan Memakai atribut dengan benar (Ikat pinggang, Kaos kaki, Kaos Dalam, Sepatu Hitam, dll)

Membawa Botol Isi Ulang Sendiri (Tidak usah mahal mahal)

Dengan adanya program ini, kita akan disiplin untuk tidak sembarangan jajan yang kebersihannya belum terjamin. Juga kita mendukung program bersih, yakni berkurangnya sampah plastik di lingkungan sekolah. Bila kita tidak membawa botol minum, maka kita harus lari keliling lapangan juga ditulis sebagai 1 pelanggaran buku siswa (Ruginya 2x). Pada tahun lalu (2010 – 2011), harga isi ulang air hanya 500,- (per isi). Tetapi pada tahun ajaran baru ini, naik menjadi 1000,- (per isi). Kenaikan harga tersebut tidak membuat kita kesusahan membayar, melainkan harga seperti itu masih murah dimata kita. Semua hal itu ada keuntungan dan kerugian. Keuntungan yg didapat adalah praktis, tidak usah beli, mengirit dompet😛. Sedangkan kerugiannya adalah berat, botol takut bocor, dan lupa dibawa pulang (alias ketinggalan)

Buang sampah pada tempatnya dan dipilah sesuai dengan kategorinya. (Basah, Plastik, Dan Kertas)

Kita sering membuang sampah sembarangan. Padahal itu menyebabkan karyawan semakin terbebani. Kita juga kadang asal asalan membuang sampah tanpa melihat tong sampah yang benar. Maka dari itu kita harus sadar dalam membuang sampah.

LISA (Lihat Sampah Ambil)

Banyak sampah yang berceceran kemana – mana dan sering kita lihat, namun apa yang kita lakukan? Kita tidak mempedulikan hal tersebut. Bahkan menendangnya jauh jauh. Kapan lagi kita sadar kalau tidak dari sekarang? Marilah kita membiasakan LISA. Minimal kita sehari melihat sampah dan mengambilnya 1 saja.

Menulis Reflexi setiap hari (pagi pagi).

Dengan adanya buku refleksi ini, iman kita diperkuat bahkan kedisiplinan kita diperbanyak. Tapi, apakah kita sudah rajin menulis refleksi setiap paginya? Kita kadang kadang malah hanya menulis 2 kata yaitu “Tidak Mendengar”. Justru itu akan membuat Iman dan Kedisiplinan kita menurun. Jadi sebaiknya kita menulis setiap harinya.

Membawa dan Memakai atribut dengan benar (Ikat pinggang, Kaos kaki, Kaos Dalam, Sepatu Hitam, Topi, dll)

Dalam Hal ini, ikat pinggang sering dipakai tidak benar (tidak memasuki lubang ikat pinggang yang ada di celana / rok). Kaos kaki tidak terlihat tulisan SMP Waringinnya. Sepatu tidak berwarna hitam. Rok pendek. Hal hal itu dilanggar dengan 1 alasan yaitu “Tidak mau CULUN”. Kadang kita berpikir hal hal diatas itu membuat kita culun. Itu semua salah! Justru membuat kita semakin disiplin diri. Bahkan keterlambatan pun dicatat di buku siswa dan saksinya dapat di D.O.

Sekian postingan “Waringin Disiplin Bersih” dari saya.
Mohon maaf bila ada kesalahan dalam pengetikan.
Terima kasih & GBU ALL ^o^.

About kevinkx55

Always think positif

Posted on August 9, 2011, in Tugas Sekolah. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: